Selasa, 14 Juni 2016

Laptop dan RAM, juga Komputer Petir

'Sikring' listrik yang dadakan meledak
Laptop dan RAM, suatu ketika computer atau PC saya rusak karena kejadian tempo lalu rumah kontrakan saya tersambar petir sehingga ‘sikring’ listrik meledak dan ledakan itu mengakibatkan beberapa kabel terbakar dan ujungnya merusak barang-barang elektronik yang sedang menyala, kebetulan saya sedang baca –baca blog lewat computer, namun bacaan itu berakhir dengan kisah ini yang coba saya tuliskan judul dan isinyanya dalam blog Random saya hehe. Sirna sudah mood terbaik saya untuk mendesain dan menulis blog, karena akses menuju dunia virtual putus seketika dan kaget juga karena ledakan ‘sikring ’ listrik maka saya memutuskan untuk hibernasi sementara.
Ledakan itu terjadi awal bulan puasa setelah shalat maghrib dan saat buka puasa pertama kali di rantau, yah untung tidak sampai terbakar sih tapi ternyata setelah di telusuri keesokan harinya instalasi kelistrikan rumah kontrakan saya itu  kabelnya cuman pake kabel srabut ya jelas kebakar lah kena aliran listrik yang gede gitu, korban lainnya charger hape saya juga rusak karena saya lupa waktu itu masih nancep di terminal listrik setelah charge, dan baru ketahuan chareger rusak pas battery low, putus sudah koneksi ke dunia digital, tak mengapa setidaknya saya bisa mengumpulkan ide-ide tulisan dan desain sembari ber-hibernasi di kampung halaman.

Setelah beberapa lama tinggal leyeh-leyeh di rumah orang tua saya karena saya belum bekerja dan punya rumah sendiri jadi bingung juga mau berkarya tak memiliki media yang memadai dan support buat sekadar berkreasi, puncaknya ketika rencana untuk membeli sebuah laptop sebagai sarana berkarya dan men-‘ndobos’ dengan spesifikasi menengah agak keatas alias tanggung karena budget juga pas-pasan, dari mulai processor, RAM, Hard disk dan VGA pun saya riset kecil-kecilan dengan membaca beberapa tulisan dari bolg-blog yang membahas soal laptop spek menengah ini, lalu kemarin siang cukup bingung karena saya memang belum pernah membeli laptop dan selama ini hanya setengah-setengah saja jika menyangkut soal computer apa lagi soal hardwere lumayan ‘mumet’ ngeliatnya haha.
Pilihan saya jatuh pada laptop Lenovo seri IP-300 dengan spesifikasi Core i5 6000, RAM 4GB, HardDisk 500GB dan VGA ATI Radeon R3. Sempat ingin menambah RAM lagi menjadi 8GB atau 12GB namun budget  tidak mendukung jadi yah nabung lagi besok-besok sih, sempet bingung juga buat milih VGA mau yang Nvidia atau ATI Redeon karena ini soal slera kata mbak-mbak SPGnya yang ngomong terus padahal aku ga ngajak ngomong haha.

Nah persoalan muncul ketika di rumah bahwa saya lupa tidak menginstallkan windows bajakan dari toko laptop tersebut, lalu saya membeli ‘laptop kosongan’ orang-orang biasa menyebutnya seperti itu, lalu saya coba download dan ternyata itu 4GB waw banget namun ini windows 10 yang gratis sampai bulan Juli di situsnya Microsoft. Bingung juga mau milih 32 bit atau 64 bit ? sebab saya seringnya sih pake 32 bit karena kapasitas RAM juga kecil, nah pas baca-baca artikel di beberapa blog ternyata saya mendapat kesimpulan bahwa RAM 4GB support lah buat 64 bit karena jika nanti up grade RAM sampai 12GB bisa tuh ngangkat semua RAMnya dari windows yang 64 bit, kalau yang 32 bit sepertinya ga bisa ngangkat lebih dari 6GB, gitu sih kesimpulan saya.

Plester tembok sempal aja tuh
Cover 'Sikring' listrik
saklar yang meledak juga













Kabel yang terbakar lalu putus
Lampu sempal dah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar